Laporkan Jika Ada Link Mati!

Jadi Penulis TOP B.G.T

Nulis novel? Nggak salah, nih?! Jangankan menulis novel, untuk menghasilkan satu halaman cerita saja susahnya minta ampun, apalagi mau puluhan, bahkan ratusan lembar!

Ya, mungkin masih ada sederet pertanyaan lainnya yang tiba-tiba saja hadir ketika ada yang menyampaikan pertanyaan, "Mau jadi penulis novel?".Bisa jadi, kamu sendiri nggak pernah mem-bayangkan menjadi seorang penulis novel sebagai profesi. Apalagi, bila melihat betapa tebalnya buku- buku novel yang berjejer di toko buku, semakin jauhlah keinginan untuk menggeluti dunia penulisan novel. Betul, kan?

Namun, pernahkah kamu membayangkan bila menulis novel itu bisa dikerjakan siapa ajal Dan, tahukah kamu bila pekerjaan menulis novel itu bisa menyenangkan? Dan, tahukah kamu bahwa sebuah novel bisa dihasilkan hanya dalam waktu 60 hari? Dua bulan? Ah, masa, sih?

Masih nggak percaya? Yuk, kita mulai program 60 hari menulis novel! 

Oke, kita mulai saja untuk menulis novel. Lalu, apa yang seharusnya pertama kali kamu lakukan? Hm ... duduk dan mulai menyalakan komputer? Eit, nanti dulu! Jangan terlalu terburu-buru menyalakan komputer. Ada satu hal yang lebih penting dari sekadar menyalakan komputer, yaitu komitmen. Kamu ulang kembali kata itu pelan-pelan, K-O - M-I-T-M - E - N!

Komitmen? Ya, komitmen! Itu penting buat kamu-kamu yang mutusin untuk memulai menulis novel. Komitmen pada diri sendiri bahwa, "Aku akan menulis novel!" Sebab, tanpa komitmen atau keinginan yang kuat, apa pun yang akan kamu lakukan untuk menulis novel itu mustahil bakal terwujud!

Berarti, komitmen itu penting banget, dong?

Kalo dibilang komitmen itu "penting banget", bisa dikatakan memang "iya". Pasalnya, komitmen itu juga bisa mengatasi hambatan psikologis mu sebagai penulis novel pemula. Bukan apa-apa, banyak orang dan termasuk calon penulis novel yang belum apa-apa udah nyerah di tengah jalan, hanya gara-gara melihat bahwa sebuah novel jumlah halamannya bisa berpuluh-puluh, bahkan beratus-ratus
halaman! Dan juga kamu meyakini kalo hanya orang-orang tertentu sajalah yang bisa menulis novel. Malah, kamu sampai pada kesimpulan kalo kamu nggak memiliki kemam-puan buat menulis novel.

Komitmen juga bisa menepis khayalan kamu. Mungkin, kamu pernah membayangkan bila suatu saat nanti kamu berhasil menulis novel, diterbitkan, dibaca banyak orang, dan menjadi novel best seiler. Membayangkan bila nanti kamu akan menjadi seorang penulis novel hebat, seperti Gola Gong, Fahri Asiza, Asma Nadia, Pipiet Senja, atau Helvy Tiana Rosa. Namun, karena nggak ada komitmen, kamu hanya terperangkap dalam kurungan angan-angan belaka.Akhirnya, tak ada satu lembar pun yang berhasil kamu tulis!

Duh, bete kan, kalo cuma mimpi-mimpi doang? Makanya, hal pertama yang harus kamu lakukan se-belum mulai menulis novel adalah membuat komitmen pada diri sendiri; komitmen buat menulis novel, komitmen untuk melalui semua hambatan dalam menulis novel, komit.Duh, bete kan, kalo cuma mimpi- mimpi doang? Makanya, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai menulis novel adalah membuat komitmen pada diri sendiri; komitmen buat menulis novel, komitmen untuk melalui semua hambatan dalam menulis novel, komit, membuat terus belajar menulis novel, dan komitmen menyelesaikan satu novel perdana kamu.

Mulai hari pertama ini,tanamkan dalam hati mu bahwa, "saya akan menulis novel", "saya akan menulis novel", "saya akan menulis novel"....
 
Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger