Laporkan Jika Ada Link Mati!

Dialog Dengan Jin Muslim

Ketika mengisahkan perkataan Iblis, Allah berfirman, Engkau ciptakan aku dari api, sedang Engkau menciptakan dia dari tanah (QS. Al-Araf: 12).

Imam Muslim, dalam Shahih-nya, mencantumkan sebuah hadis Yang diterima dari Urwah, dari Aisyah, yang meriwayatkan bahwa Rasulullah. berkata; "Malaikat diciptakan dari cahaya, dan Jan diciptakan dari nyala (marij) api, dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan kepada kalian." 7

Dengan demikian, baik Alquran Al-Karim maupun Sunnah Rasul yang suci, telah menegaskan tentang materi asal penciptaan Jin, yaitu api, sekalipun Alquran dan Sunnah sesekali mengungkapnya dengan Nyala api dan pada kali lain dengan api yang sangat panas.

Lantas, apa yang dimaksud dengan "nyala api (marij)" dan "api Yang sangat panas (nar As-Samum)" itu?

Berkenaan dengan makna Al-marij (nyala api), Imam An-Nawawi mengatakan, "Yaitu jilatan api (al-lahab) yang bercampur dengan hitamnya api", Sementara itu, Ath-Thabari mengatakan, "Al-marij ialah sesuatu yang bercampur satu sama lain, antara merah, kuning, dan biru, berdasar ucapan orang-orang Arab yang mengatakan marija 'amr Al-qawm yang berarti urusan kaum itu bercampur aduk. Juga berdasar ucapan Nabi. kepada Abdullah bin ibn Al-Ash yang berbunyi, 'Bagaimana halmu jika kamu berada di tengah-tengah suatu kaum yang perjanjian dan amanah mereka sudah bercampur baur8 Dengan demikian, arti marij adalah nyala api dan lidah api"

Dalam Tafsir Al-Qurthubi disebutkan: "Al-marij adalah Al-lahab (nyala api) dari Ibn Abbas. Atau, inti api, atau lidah api yang berada di puncak manakala api tersebut menyala". Al-Laits mengatakan, "Al-Marij ialah api yang sangat terang yang memiliki nyala (panas) yang sangat kuat". 

Ibn Abbas mengatakan, “Al-Marij adalah nyala api yang berada di bagian atas, yang saling bercampur warnanya antara merah, kuning dan biru." 

Sementara itu, Abu Ubaidah dan Al-Hasan mengatakan, "Al-Marij adalah campuran api. Ia berasal dari marija yang berarti bercampur baur". Al-jauhari dalam Al-Shihah mengatakan bahwa, yang dimaksud dengan marij min nar adalah api yang tidak berasap, yang dari itu Jin diciptakan."

Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger