Laporkan Jika Ada Link Mati!

Mana Yang Lebih Banyak

Kidal itu sial?

Sebagai orang bertangan kidal saya senang sekaligus tersinggung oleh sebuah artikel di New Scientist yang mengatakan bahwa orang kidal mempunyai risiko lebih besar untuk meninggal karena kecelakaan. Bagaimana mungkin? Jelas bahwa orang bertangan normal memiliki peluang yang sama untuk meninggal karena kecelakaan seorang bertangan normal perti peluang saya. Atau barangkali ada sebuah faktor x yang campur tangan?
Alan Parker
London, Inggris

Ketika menjumpai sebuah penghalang, orang bertangan normal pada umumnya akan menghindari penghalang itu dengan memutar ke sebelah kanan, sedangkan orang kidal cenderung memutar ke sebelah kiri. Apabila dua orang bertangan sama-sama normal atau sama-sama kidal mendekati sebuah penghalang dari arah berlawanan mereka akan berpapasan dengan aman tanpa bertumbukan. Apabila dua orang dengan kecenderungan berbeda mendekati sebuah penghalang dariarah berlawanan, mereka akan lewat ke sisi penghalang yang sama, dan ini dapat membuat keduanya bertabrakan. Karena kebanyakan orang tidak kidal, orang bertangan kidal akan paling sering mengalami situasi seperti ini. Ini sebuah contoh yang sederhana, tetapi kalau ditinjau secara ekstrem dengan peluang berpapasan yang banyak sekali, peluang ke-celakaan pada orang kidal jelas lebih besar. 
Hannah Ben-Zci
New York, AS


Kami kaum kidal memiliki risiko lebih besar untuk tewas akibat kecelakaan karena perkakas dan mesin industri dirancang bagi orang-orang normal. Oleh sebab itu orang bertangan kidal lebih mungkin cedera oleh alat mekanik yang sedang mereka gunakan. Sebuah contoh yang menarik adalah senapan serbu SA-80. Ketika ditembakkan dari bahu kiri, senapan ini melontarkan selongsong peluru pada kecepatan tinggi, ke arah mata sang pengguna.
Daniel Bristow
Kew, Surrey, Inggris


Tanpa ketombe

Bagaimana cara kerja shampo antiketombe?
Eugene - Melalui email, tanpa alamat

Ketombe (dandruff) diyakini disebabkan oleh pertumbuhan semacam ragi yang kelewat subur seperti Pityrosporum ovale yang hidup pada kulit normal. Pertumbuhan berlebihan inimenyebabkan iritasi lokal yang mengakibatkan hiperproliferasi sel (keratinosit) yang membentuk lapisan luar kulit. Ini pada gilirannya membentuk kerak-kerak yang semakin banyak dan belakangan rontok sebagai ketombe.

Shampo antiketombe bekerja melalui tiga mekanisme. Bahan-bahan seperti tar batubara bersifat antikera- tostatik danmereka bertugas menghambat pembelahan sel keratinosit. Deterjen dalam shampo bersifat keratolitik— mereka bertugas membongkar tumpukan kerak. Akhirnya agen antijamur seperti kétoconazole bertugas menghambat pertumbuhan jamur. Komponen-komponen lain seperti selenium sulfida juga menghambat pertumbuhan jamur dan karena itu juga menghambat pembentukan kerak.
Roddie McKenzie
University of Edinburgh, Inggris
 
Pengaruh gas

Mengapa bicara melalui gas helium meningkatkan frekuensi suara bicara, bahkan meskipun babak transmisi akhir kepada pendengar terjadi melalui udara?
David Bolton Mosgiel
Selandia Baru

Bunyi merambat lebih cepat dalam helium dibanding dalam udara karena atom helium (massa atom 4) lebih ringan daripada molekul nitrogen dan oksigen (massa molekul berturut-turut 14 dan 16). Dalam suara, sebagaimana dalam semua instrumen angin, bunyi dihasilkan sebagai sebuah gelombang berdir (standing wave) dalam sebuah kolom gas, biasanya udara. Frekuensi gelombang bunyi ketika dikalikan dengan panjang gelombangnya menghasilkan kecepatan bunyi. Panjang gelombang bersifat tetap karena bentuk mulut, hidung, tenggorokan, dan sebagai- nya, maka jika kecepatan bunyi bertambah, frekuensi pun harus bertambah. Begitu bunyi meninggalkan mulut, yang tidak berubah adalah frekuensi, maka bunyi tiba di telinga Anda pada titi nada (pitch) sama seperti ketika ia meninggalkan mulut si pembicara. Bayangkan ketika Anda naik sebuah rollercoaster. Selama dalam lintasannya kereta yang Anda tumpangi melaju dan melambat secara bergantian, tetapi semua kereta mengikuti pola yang tepat sama. Apabila tiap kereta diluncurkan dengan selang waktu setiap 30 detik, masing-masing akan mencapai Fmish pada laju yang sama, apa pun yang terjadi selama dalam perjalanan.

Dalam instrumen dawai, titi nada bergantung pada panjang, ketebalan, dan ketegangan dawai, maka instrumen tersebut tidak terpengaruh oleh komposisi udara. Oleh sebab tu melepaskan helium ke tengah sebuah orkestra yang sedang beraksi akan menciptakan kekacauan. Alat musik tiup akan mengalami kenaikan titi nada, sedangkan titi nada alat musik dawai dan perkusi boleh dikatakan tak mengalami perubahan. Dalam Song of the White Horse karya David Belford, penyanyi soprano utama harus bernapas dalam helium agar bisa meraih nada puncaknya yang sangat tinggi.
Eoin McAuley
Dublin, Irlandia

 
Gelombang otak

Mengapa banyak sekali lipatan di permukaan otak?
Brian Lassen 
Canberra, Australia

Otak mempunyai lipatan-lipatan (fissures) guna meningkatkan luas permukaan untuk korteks. Makhluk lebih rendah seperti tikus memiliki otak lebih mulus. Sebagian kerja yang berlangsung dalam otak dilaksanakan oleh beberapa lapisan sel paling atas—dengan demikian sebagian besar volume otak saling terhubung secara point to point.

http://downloads.ziddu.com/downloadffile/17094584/MengapaRambutUban.rar.html

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger