Laporkan Jika Ada Link Mati!

Virus Membaca

Buku karya Paul Jennings ini sengaja dijuduli demikian Agar Anak Anda Tertular "Virus" Membaca karena ingin menarik perhatian Anda. Secara bahasa, virus berarti "mikro organisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron, yang menyebabkan dan menularkan penyakit seperti penyakit cacar, influenza, dan rabies". Jadi, virus itu adalah makh-luk yang sangat kecil dan dapat menularkan penyakit.

Virus yang arti harfiahnya seperti itu, dalam judul buku ini kemudian diberi tanda kutip-' virus". Makna virus yang asli ingin diubah menjadi 'virus" yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan seorang anak. Akhirnya, muncullah kata "'virus' membaca" yang berarti "makhluk yang amat kecil yang dapat ditularkan lewat keteladanan sehingga seorang yang tertular akan men-jadi keranjingan atau gemar sekali membaca". Sekali lagi, "'virus' membaca" ini hanya dapat ditularkan kepada anak-anak lewat keteladanan.

Semestinya judul buku ini mengikuti judul bu¬ku aslinya, The Reading Bug...and How You Can Help Your Child to Catch It menggunakan frasa "kutu buku". Na-mun, frasa ini terkesan "dingin" dan kadang ditafsirkan sebagai sesuatu yang berkacamata sangat tebal, kepala-nya botak, atau "tidak gaul". Tentu, anggapan seperti itu tidak-lah tepat. Kenyataannya khususnya untuk ling-kup masyarakat Indonesia kurang-lebih ya begitulah. Oleh karena itu, pengubahan "kutu buku" menjadi "Virus membaca" diharapkan selain menarik perhatian juga dapat membangkitkan keinginan seseorang baik itu seorang guru atau seorang ayah/ibu atau siapa saja untuk habis-habisan menularkan sang "virus" yang berwujud kecintaan, keasyikan, dan kegairahan membaca buku kepada
anak-anak sejak sangat dini.

Apakah permainan kata soal virus itu benar- benar ada maknanya? Apabila para pembaca mencermati uraian penulis buku ini tentang bagaimana menularkan "'virus' membaca" kepada anak-anak, tentulah makna itu akan para pembaca dapatkan. Dalam bahasa Jen-nings, "virus" itu adalah sesuatu yang membuat seorang anak sangat asyik membaca. Jennings secara sangat tegas membedakan antara bisa dan gemar (asyik) mem¬baca.

Mungkin Anda dan anak Anda sudah bisa membaca. Namun, belum tentu Anda dan anak Anda gemar mem-baca. Di dalam kata gemar, tersimpan rasa cinta. Inilah yang ingin dikobarkan di dalam diri Anda dan anak Anda kecintaan membaca buku-oleh buku ini. Dan, secara sangat piawai tegas, tetapi penuh canda-Jennings membawa para pembacanya ke suatu wilayah pengalaman membaca yang luar biasa.

Sebelum beranjak ke yang lain, saya ingin kembali sebentar ke soal pentingnya keteladanan. Menurut Jennings, "virus" membaca ini hanya bisa ditularkan ke-pada anak-anak apabila orangtua bersedia menjadi pendongeng, pemberi contoh bagaimana membaca buku itu membuka cakrawala pemikiran, dan betapa pentingnya buku untuk meningkatkan kualitas kehidupan.

Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger