Laporkan Jika Ada Link Mati!

Authentic Happiness

Pada 1932, Cecilia O'Payne melakukan kaulnya di Milwaukee. Sebagai calon biarawati di Sekolah Biarawati Notre Dame, dia berjanji mendedikasikan seluruh sisa hidupnya untuk mengajar anak-anak. Saat diminta untuk memberikan gambaran singkat kehidupannya pada saat penting ini, dia menulis:

Tuhan memulai kehidupanku dengan baik, dengan menganugerahiku kasih yang tak ternilai.... Tahun-tahun yang kuhabiskan sebagai calon biarawati di Notre Dame adalah tahun-tahun yang sangat menyenangkan. Sekarang, aku menunggu dengan penuh semangat untuk menerima Jubah Suci Bunda Maria (jubah biarawati) dan untuk menjalani kehidupan yang bersatu dengan Kasih Ilahi.

Pada tahun yang sama, di kota yang sama, Marguerite Donnelly yang melakukan kaul yang sama mengungkapkan dalam autobio grafinya:

Saya lahir pada 26 September 1909 sebagai anak tertua dari tujuh bersaudara, lima perempuan dan dua laki-laki... Tahun-tahun sebagai calon biarawati saya habiskan di biara, mengajar kimia dan bahasa Latin untuk siswa tahun kedua di Notre Dame Institute. Dengan kemurahan Tuhan, saya bertekad akan berbuat sebaik-baiknya untuk ordo kita, penyebaran agama, dan penyucian diri saya.

Dengan melakukan kaul itu, kedua biarawati ini, bersama 178 biarawati lainnya, menjadi subjek dari kajian paling menonjol yang pernah dilakukan tentang kebahagiaan dan umur panjang.

Upaya meneliti berapa lama manusia bisa hidup dan kondisi apa yang memperpendek dan mem-perpanjang umur sangatlah penting. Namun, ini adalah problem ilmiah yang amat pelik. Dilaporkan, misalnya, bahwa penduduk Utah berumur lebih panjang daripada penduduk di negara bagian yang menjadi tetangganya, Nevada. Namun, apa sebabnya? Apakah karena udara pegunungan yang bersih di Utah, atau karena Las Vegas dipenuhi dengan asap buangan? Apakah karena kehidupan Mormon lebih tenang dibandingkan dengan gaya hidup yang lebih ingar-bingar di rata-rata daerah Nevada? Apakah penyebabnya adalah menu makanan yang stereotip di Nevad a-junk food, camilan di penghujung malam, alkohol, kopi, dan rokok dibandingkan dengan makanan sehat dan segar dari pertanian, serta jarangnya alkohol, kopi, dan tembakau di Utah? Terlalu banyaknya faktor merugikan (begitu pula faktor menyehatkan) dalam kasus Nevada dan Utah membuat para ilmuwan kesulitan mendefinisikan penyebab umur panjang.

Tidak seperti warga Nevada atau bahkan Utah, para biarawati menjalani kehidupan yang rutin dan terjaga. Mereka memakan makanan yang secara umum serupa. Mereka tidak merokok dan minum alkohol. Mereka memiliki riwayat reproduksi dan perkawinan yang sama. Mereka tidak terkena penyakit seksual menular. Mereka memiliki kelas ekonomi dan sosial yang sama dan mereka memiliki akses yang sama terhadap layanan kesehatan. Jadi, hampir semua faktor yang biasanya menyulitkan penelitian tidak dijumpai di sini. Namun, masih terdapat variasi umur serta tingkat kesehatan para biarawati itu. Cecilia masih hidup hingga usia 98 tahun dan belum pernah sakit sehari pun dalam hidupnya. Sebaliknya, Marguerite terkena stroke pada usia 59 tahun dan meninggal tidak lama setelah itu. Kita bisa pastikan bahwa gaya hidup, pola makan, dan pemeliharaan kesehatan mereka bukanlah penyebabnya. Akan tetapi, jika kita baca dengan saksama tulisan dari 180 calon biarawati itu, tampaklah perbedaan yang sangat menonjol dan mengejutkan. Lihatlah kembali apa yang ditulis Cecilia dan Marguerite, bisakah Anda menemukannya?

Download


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

19 Maret 2018 pukul 10.29

Link Dead OM,.... Please Reupload ya To Google Drive.
#Syukron.

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger