Inilah buku mengenai harapan, karena bilamana ada harapan, ada kesempatan tak terbatas bagi para manajer untuk menciptakan lingkungan kerja yang penuh dengan semangat, baik di masa senang maupun sulit. Buku ini juga memaparkan cara seorang manajer mengupayakan perkembangan dan pencerahan karyawan hari demi hari, mendorong pekerja selangkah demi selangkah menuju cahaya mercusuar, cahaya yang menandakan masa depan yang lebih baik, penuh dengan makna dan kebenaran yang lebih tinggi lagi.
Buku ini mempunyai arti sangat khusus bagi saya sebagai penulisnya. Ketika editor saya, John Woods, menelepon saya di New York untuk menanyakan apakah saya bersedia mengerjakan proyek ini, saya baru saja kembali dari Ground Zero, tempat saya selama satu jam sebelumnya berdiri terdiam melihat reruntuhan yang masih berasap akibat serangan teroris terhadap World Trade Centre.
Saya senantiasa terdorong oleh keinginan kuat un¬tuk mengembangkan kualitas pribadi terbaik dalam diri tiap orang, akan tetapi kini semua itu telah berubah. Setelah menyaksikan peristiwa yang tak tergambarkan tersebut, saya kini diliputi hasrat yang bahkan lebih kuat lagi. Suatu hasrat untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu para manajer, sekecil apa pun caranya, menciptakan dan membangun kembali lingkungan kerja yang bersemangat tinggi, dan pada saat yang sama tetap memenuhi keinginan pribadi saya membantu para pemimpin dan pengikut mereka menaklukkan situasi yang sulit dan terus bertahan bagaimanapun keadaannya. Menulis buku ini adalah salah satu cara menjadikan keinginan tersebut menjadi kenyataan.
Lebih dari biasanya, manajer harus mencoba melaku¬kan apa pun yang dapat mereka lakukan untuk terusmenerus meningkatkan dan membangun semangat kerja yang tinggi di dalam organisasi mereka. Para karyawan di manapun mereka bekerja membutuhkan motivasi dan inspirasi. Mereka butuh harapan. Mereka butuh sesuatu yang dapat diyakini, rasa memiliki dan tujuan. Kita semua membutuhkan hal tersebut. Saya tahu jika saya dapat mengulas sebagian dari kebutuhan-kebutuhan tersebut di dalam buku ini, maka saya dapat memberikan manajer sebuah sarana yang dapat membantu membimbing mereka menciptakan sebuah lingkungan kerja yang memiliki semangat kerja yang tinggi.
Belum pernah ada kesempatan dan harapan yang begitu besar seperti sekarang ini, yang dapat dimanfaatkan para manajer untuk menciptakan sebuah perubahan berarti di perusahaan mereka dan untuk karyawankaryawan mereka. Dan, belum pernah ada masa yang lebih baik daripada sekarang bagi para manajer untuk menunjukkan kepada karyawan mereka mengenai apa itu vitalitas kepemimpinan, kreativitas, energi positif, serta komitmen mereka akan lingkungan kerja yang lebih sehat dan lebih menyenangkan.
Saya tekankan di dalam keseluruhan buku ini bahwa kunci kesuksesan manajemen terletak pada karyawan mereka. Perasaan utama yang muncul dari sebuah ling¬kungan kerja yang bersemangat kerja tinggi sebenarnya hanyalah cermin hubungan antarpribadi yang berkualitas antara setiap pekerja dan manajer mereka. Hal-hal yang menghasilkan kinerja karyawan yang istimewa dan menunjang semangat kerja yang tinggi adalah kepercayaan {trust), rasa hormat (respect), dan penghargaan yang sama (common courtesies) yang ditunjukkan oleh para manajer terhadap karyawan mereka setiap hari. Ralph Waldo Emerson menulis di dalam bukunya The Conduct of Life, "Keinginan kita yang paling kuat dalam hidup ini adalah mendapatkan seseorang yang dapat membuat kita mengerjakan apa yang dapat kita lakukan." Cuplikan ini mengungkap sifat penting dan tanggung jawab alami yang dihadapi seorang manajer seperti Anda, manakala mereka harus mengembangkan orang-orang mereka dan mendorong semangat kerja karyawan hingga tingkat tertinggi.
Buku ini mempunyai arti sangat khusus bagi saya sebagai penulisnya. Ketika editor saya, John Woods, menelepon saya di New York untuk menanyakan apakah saya bersedia mengerjakan proyek ini, saya baru saja kembali dari Ground Zero, tempat saya selama satu jam sebelumnya berdiri terdiam melihat reruntuhan yang masih berasap akibat serangan teroris terhadap World Trade Centre.
Saya senantiasa terdorong oleh keinginan kuat un¬tuk mengembangkan kualitas pribadi terbaik dalam diri tiap orang, akan tetapi kini semua itu telah berubah. Setelah menyaksikan peristiwa yang tak tergambarkan tersebut, saya kini diliputi hasrat yang bahkan lebih kuat lagi. Suatu hasrat untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu para manajer, sekecil apa pun caranya, menciptakan dan membangun kembali lingkungan kerja yang bersemangat tinggi, dan pada saat yang sama tetap memenuhi keinginan pribadi saya membantu para pemimpin dan pengikut mereka menaklukkan situasi yang sulit dan terus bertahan bagaimanapun keadaannya. Menulis buku ini adalah salah satu cara menjadikan keinginan tersebut menjadi kenyataan.
Lebih dari biasanya, manajer harus mencoba melaku¬kan apa pun yang dapat mereka lakukan untuk terusmenerus meningkatkan dan membangun semangat kerja yang tinggi di dalam organisasi mereka. Para karyawan di manapun mereka bekerja membutuhkan motivasi dan inspirasi. Mereka butuh harapan. Mereka butuh sesuatu yang dapat diyakini, rasa memiliki dan tujuan. Kita semua membutuhkan hal tersebut. Saya tahu jika saya dapat mengulas sebagian dari kebutuhan-kebutuhan tersebut di dalam buku ini, maka saya dapat memberikan manajer sebuah sarana yang dapat membantu membimbing mereka menciptakan sebuah lingkungan kerja yang memiliki semangat kerja yang tinggi.
Belum pernah ada kesempatan dan harapan yang begitu besar seperti sekarang ini, yang dapat dimanfaatkan para manajer untuk menciptakan sebuah perubahan berarti di perusahaan mereka dan untuk karyawankaryawan mereka. Dan, belum pernah ada masa yang lebih baik daripada sekarang bagi para manajer untuk menunjukkan kepada karyawan mereka mengenai apa itu vitalitas kepemimpinan, kreativitas, energi positif, serta komitmen mereka akan lingkungan kerja yang lebih sehat dan lebih menyenangkan.
Saya tekankan di dalam keseluruhan buku ini bahwa kunci kesuksesan manajemen terletak pada karyawan mereka. Perasaan utama yang muncul dari sebuah ling¬kungan kerja yang bersemangat kerja tinggi sebenarnya hanyalah cermin hubungan antarpribadi yang berkualitas antara setiap pekerja dan manajer mereka. Hal-hal yang menghasilkan kinerja karyawan yang istimewa dan menunjang semangat kerja yang tinggi adalah kepercayaan {trust), rasa hormat (respect), dan penghargaan yang sama (common courtesies) yang ditunjukkan oleh para manajer terhadap karyawan mereka setiap hari. Ralph Waldo Emerson menulis di dalam bukunya The Conduct of Life, "Keinginan kita yang paling kuat dalam hidup ini adalah mendapatkan seseorang yang dapat membuat kita mengerjakan apa yang dapat kita lakukan." Cuplikan ini mengungkap sifat penting dan tanggung jawab alami yang dihadapi seorang manajer seperti Anda, manakala mereka harus mengembangkan orang-orang mereka dan mendorong semangat kerja karyawan hingga tingkat tertinggi.

Posting Komentar