Laporkan Jika Ada Link Mati!

Di Balik Sosok Gejolak Ekonomi Dunia

Ia adalah Alan Greenspan, ahli ekonomi New York yang    sederhana namun dikenal luas    dan telah berpengalaman menjadi ketua the Council of Economic Advisers (CEA) di Gedung Putih Ford. Menurut James A. Baker Kepala Staf Gedung Putih, Greenspan adalah tokoh yang sempurna untuk The Fed (Bank Sentral AS). Ia telah mengenal orang ini secara dekat selama belasan tahun. Baker menjadi menteri perdagangan pada tahun 1975 pada pemerintahan Ford dan pernah menghadiri pertemuan yang membahas kebijakan ekonomi Gedung Putih di mana Greenspan selalu dapat memberikan pendapatnya yang bijaksana. Ketika Baker melaksanakan kampanye Presiden Ford tahun 1976, ia mengikutsertakan Greenspan sebagai juru bicara ekonomi dalam kampanye tersebut. Dan pada tahun 1980, Greenspan telah memberikan bantuan penting dalam merancang pidato ekonomi utama untuk kandidat Presiden Reagan.

Salah satu momen terbaik Greenspan adalah menjadi kepala dari bipartisan Komisi Nasional untuk Reformasi Keamanan Sosial yang telah memulihkan sistem Keamanan Sosial sehingga mencapai kondisi finansial temporer yang baik pada tahun 1983. Bagi Baker, Greenspan telah menjadi penentu dalam proses pembangunan konsensus antara partai Demokrat dan Republik. Baker sendiri memimpin sejumlah proses negosiasi bipartisan rahasia di rumahnya.

Ketika Baker meninggalkan Gedung Putih tahun 1985 untuk menjadi menteri keuangan, ia meminta Greenspan untuk membantunya dalam dengar pendapat dengan anggota Senat. Sekali lagi, Baker dapat melihat bahwa Greenspan sangat cerdik dalam memberikan nasihatnya, dan ia lihai juga dalam berpolitik.

Baker merasa bangga pada dirinya sendiri karena da¬pat mengantisipasi beberapa lonjakan dari sebuah kepu- tusan. Ia juga tidak ambil pusing ketika teman lamanya di Texas, yaitu Presiden George Bush, menjadi kandidat presiden untuk pemilihan tahun depan. Bagi Baker, memiliki seorang ketua The Fed dari partai Republik yang dapat diandalkan dalam kepemimpinan Bush pada tahun 1988, akan membawa perubahan besar pada dunia.

Baker sangat yakin bahwa Greenspan adalah orang yang mereka butuhkan di The Fed karena ia seorang pemain tim.

Pada tahun 1987, Reagan mengikutsertakan Ketua Senat Partai Republik (Senate Republican Majority), Howard H. Baker Jr., sebagai kepala staf untuk menyelamatkan kepresidenan selama skandal kontra Iran. Howard Baker, seorang politikus Washington yang bijaksana dan santun telah mewakili Tennessee di Senat selama 18 tahun. Ia menjadi wakil ketua Komite Senat Watergate pada tahun 1973-74 dan mengamati berbagai kebohongan dan kecurangan dalam pemerintahan presiden Nixon.

Ketika ia menerima tawaran Reagan untuk menjadi kepala staf Gedung Putih, ia menuntut untuk dapat menjadi bagian dalam pengambilan keputusan penting dan rahasia.

Baker dari Tennessee duduk dengan tenang ketika Presiden dan Baker dari Texas berbicara beberapa kali tentang kepemimpinan The Fed yang mendatang. Jim Baker ingin menyingkirkan Volcker Ketua The Fed kala itu, dan ia sangat mendukung Greenspan. Howard Baker tahu bahwa Greenspan sangat baik. Keduanya telah bergabung dalam partai Republik di tahun 1970, dan mereka merupakan teman lama dan mitra bermain tenis di klub pribadi Jim Baker di pinggiran kota Virginia.

Suatu hari dalam musim semi, Baker mengundang Greenspan, yang menjadi ketua perusahaan konsultan bisnis pribadi di New York City, dan memintanya datang ke Washington untuk berjumpa dengan mereka di rumah Jim Baker di Northwest Washington.

Mereka punya satu pertanyaan, apakah Greenspan akan bersedia dicalonkan menjadi ketua The Fed?

Jika Paul tidak bersedia, maka Greenspanlah yang akan menjawab "Saya bersedia."

Jim Baker mengatakan bahwa Presiden akan memper-timbangkan pilihannya. Mereka hanya ingin memastikan bahwa jika mereka membutuhkan Greenspan, maka Greenspan sudah siap.

"Apabila Anda memerlukan saya, saya akan siap," kata Greenspan.

Ia ingin ada jaminan bahwa maksud keberadaannya dalam pertemuan tersebut tetap dirahasiakan. Bila hal ini diketahui, maka akan merusak kepercayaan dan mereka akan berpikir akan ada rencana untuk mengganti Volcker. Akibatnya pasar uang akan menjadi sangat tidak stabil. Howard Baker mengatakan bahwa diskusi tentang.....

Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger