Menetapkan Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang.
- Membantu siswa memahami bahwa menetapkan target adalah cara ampuh untuk mencapainya
- Membantu siswa meyakini bahwa menuliskan target bisa memotivasi diri untuk meraihnya.
Sehelai Lembar Kegiatan "Menetapkan Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang." untuk setiap siswa dan Lembar Kegiatan "Tangga Karierku" yang disimpan dari Unit 2.
Petunjuk
• Pendahuluan: Mintalah siswa menceritakan target yang telah mereka capai. Tanyakan bagaimana mereka mencapainya. Mintalah mereka menggambarkan langkah-langkah yang mereka ambil untuk memastikan pencapaian target. Setelah beberapa contoh, ceritakan target Anda sendiri dan jelaskan apa yang Anda lakukan untuk meraihnya.
• Tuliskan judul berikut di papan tulis: Sekarang, Tahun Depan, Lima Tahun, 10 tahun.
• Mintalah siswa memikirkan pekerjaan apa yang mereka inginkan sekarang, tahun depan, lima tahun dari sekarang, dan 10 tahun dari sekarang. Mintalah beberapa sukarelawan untuk menceritakan hasil pemikiran mereka di depan kelas, dan ketika mereka melakukannya, tuliskan pekerjaan-pekerjaan itu di bawah judul yang tepat pada papan tulis.
• Diskusikan apakah dan bagaimana pekerjaan pertama siswa membantu mereka meraih pekerjaan yang mereka inginkan 10 tahun mendatang. Diskusikan mengapa penetapan target adalah bagian penting dari keberhasilan dalam pencarian kerja.
• Bahas bagaimana menentukan target jangka pendek dan jangka panjang bisa membantu dalam memilih karier dan menaiki tangga karier pada waktunya.
Bagian A—Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang
• Bagikan Lembar Kegiatan "Menetapkan Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang."
• Fasilitasi diskusi sambil membimbing siswa mengerjakan Lembar Kegiatan yang terdiri dari tiga bagian ini.
• Mintalah siswa menuliskan pekerjaan apa yang mereka inginkan sekarang. Beri contoh: Aku ingin bekerja di toko komputer. Jelaskan bahwa ini adalah target jangka pendek.
• Kemudian, tanyakan apa yang mereka inginkan dari pekerjaan itu. Beri contoh: Aku ingin belajar tentang pelbagai jenis komputer dan mampu membeli komputer.
• Mintalah siswa menuliskan karier apa yang mereka inginkan. Beri contoh: Aku ingin bekerja di bidang penerbangan; Aku ingin bekerja di industri garmen dan merancang mode. Jelaskan bahwa ini termasuk target jangka panjang.
• Kemudian, tanyakan apa yang mereka inginkan dari karier itu. Beri contoh: Aku ingin bisa bepergian ke manca negara dan bertemu orangorang baru; Aku ingin melihat orang tampak cantik mengenakan pakaian rancanganku.
• Jelaskan bahwa orang menginginkan karier yang memberikan kepuasan.
Bagian B—Rentang Waktu Pencapaian Target
• Siswa memakai Lembar Kegiatan "Tangga Karierku" dari Unit 2 untuk menyelesaikan bagian ini.
• Diskusikan apa yang dimaksud dengan rentang waktu dan mengapa penting menggunakan rentang waktu untuk Tangga Karier mereka.
• Bicarakan apa yang harus dilakukan orang (pelatihan tambahan, pendidikan, sertifikasi, ijazah, magang, dan sebagainya) untuk bisa naik ke tingkat lebih tinggi pada tangga kariernya.
• Perintahkan siswa mengisi bagan dengan meng-gunakan tangga karier mereka sebagai acuan.
• Berkelilinglah dan tawarkan bantuan jika diperlukan selagi siswa menyelesaikan bagian ini.
- Membantu siswa memahami bahwa menetapkan target adalah cara ampuh untuk mencapainya
- Membantu siswa meyakini bahwa menuliskan target bisa memotivasi diri untuk meraihnya.
Sehelai Lembar Kegiatan "Menetapkan Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang." untuk setiap siswa dan Lembar Kegiatan "Tangga Karierku" yang disimpan dari Unit 2.
Petunjuk
• Pendahuluan: Mintalah siswa menceritakan target yang telah mereka capai. Tanyakan bagaimana mereka mencapainya. Mintalah mereka menggambarkan langkah-langkah yang mereka ambil untuk memastikan pencapaian target. Setelah beberapa contoh, ceritakan target Anda sendiri dan jelaskan apa yang Anda lakukan untuk meraihnya.
• Tuliskan judul berikut di papan tulis: Sekarang, Tahun Depan, Lima Tahun, 10 tahun.
• Mintalah siswa memikirkan pekerjaan apa yang mereka inginkan sekarang, tahun depan, lima tahun dari sekarang, dan 10 tahun dari sekarang. Mintalah beberapa sukarelawan untuk menceritakan hasil pemikiran mereka di depan kelas, dan ketika mereka melakukannya, tuliskan pekerjaan-pekerjaan itu di bawah judul yang tepat pada papan tulis.
• Diskusikan apakah dan bagaimana pekerjaan pertama siswa membantu mereka meraih pekerjaan yang mereka inginkan 10 tahun mendatang. Diskusikan mengapa penetapan target adalah bagian penting dari keberhasilan dalam pencarian kerja.
• Bahas bagaimana menentukan target jangka pendek dan jangka panjang bisa membantu dalam memilih karier dan menaiki tangga karier pada waktunya.
Bagian A—Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang
• Bagikan Lembar Kegiatan "Menetapkan Target Jangka Pendek dan Jangka Panjang."
• Fasilitasi diskusi sambil membimbing siswa mengerjakan Lembar Kegiatan yang terdiri dari tiga bagian ini.
• Mintalah siswa menuliskan pekerjaan apa yang mereka inginkan sekarang. Beri contoh: Aku ingin bekerja di toko komputer. Jelaskan bahwa ini adalah target jangka pendek.
• Kemudian, tanyakan apa yang mereka inginkan dari pekerjaan itu. Beri contoh: Aku ingin belajar tentang pelbagai jenis komputer dan mampu membeli komputer.
• Mintalah siswa menuliskan karier apa yang mereka inginkan. Beri contoh: Aku ingin bekerja di bidang penerbangan; Aku ingin bekerja di industri garmen dan merancang mode. Jelaskan bahwa ini termasuk target jangka panjang.
• Kemudian, tanyakan apa yang mereka inginkan dari karier itu. Beri contoh: Aku ingin bisa bepergian ke manca negara dan bertemu orangorang baru; Aku ingin melihat orang tampak cantik mengenakan pakaian rancanganku.
• Jelaskan bahwa orang menginginkan karier yang memberikan kepuasan.
Bagian B—Rentang Waktu Pencapaian Target
• Siswa memakai Lembar Kegiatan "Tangga Karierku" dari Unit 2 untuk menyelesaikan bagian ini.
• Diskusikan apa yang dimaksud dengan rentang waktu dan mengapa penting menggunakan rentang waktu untuk Tangga Karier mereka.
• Bicarakan apa yang harus dilakukan orang (pelatihan tambahan, pendidikan, sertifikasi, ijazah, magang, dan sebagainya) untuk bisa naik ke tingkat lebih tinggi pada tangga kariernya.
• Perintahkan siswa mengisi bagan dengan meng-gunakan tangga karier mereka sebagai acuan.
• Berkelilinglah dan tawarkan bantuan jika diperlukan selagi siswa menyelesaikan bagian ini.
Posting Komentar