Laporkan Jika Ada Link Mati!

Kitab Sulam Taufiq

Kewajiban terhadap semua lapisan orang mukallaf (orang yang terkena kewajiban karena telah baligh dan pintar) agar memeluk agama Islam dan menetapi serta berperan aktif dari beberapa hukum, dan wajib mengetahui serta menyakini dengan sepenuhnya.

Seketika itu mengucapkan dua kalimat syahadat jika ia kafir, jika tidak maka dua kalimat syahadat itu diucapkan di dalam shalat. Dua katimat syahadat yaitu : “ASYHADU ALLAA ILAA HA ILLALLAAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAHI”. Maksud dari “ASYHADU ALLAA ILAA HA ILLALLAAHU” (“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah”) ialah : Kamu tahu, berkeyakinan, iman dan membenarkan bahwa tiada yang berhak dan patut disembah dengan sesungguhnya melainkan Allah yang Maha Esa, yang Maha Awal, Terdahulu, Mahahidup. Kekal, Berdiri Sendiri, Maha Kekal, Abadi, yang Maha Menciptakan, Memberi Rizki, Maha Tahu, yang Berkuasa, yang mengerjakan sesuatu yang Dia kehendaki. Apa yang Dia kehendaki pasti terjadi dan apa yang tidak Dia kehendaki pasti tidak akan terjadi. Tiada daya upaya serta kekuatan melainkan dengan (pertolongan) Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Dia bersifat sempurna, dibersihkan dari sifat kekurangan, tiada sesuatu yang sama dengan-Nya dan Dia-lah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dia-lah yang Maha Terdahulu, perkara apa yang selain-Nya adalah hadist (baru). Dia-lah yang menjadikan perkara selain Dia adalah makhluk-Nya (yang dijadikan-Nya) dan firman-Nya adalah terdahulu, sama pula dengan segala sifat-Nya.

Sesungguhnya Dia Maha Suci, berbeda dengan keadaan makhluk baik dari segi Dzat, perbuatan dan beberapa sifat-Nya, Allah disucikan dari perkataan orang-orang yang zalim, Maha Luhur dan Maha Agung.

Dan maksud daripada “WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAAHI” (“dan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad utusan Allah”) ialah: Kamu ketahui, kamu yakini, kamu benarkan dan kamu iman bahwa junjungan kita dan Nabi Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthatib bin Hasyim bin Abdi Manaf Al-Qurasyiyyi itu adalah hamba Allah dan utusan-Nya bagi segenap makhluk.

Dia dilahirkan dan diutus di Mekkah kemudian hijrah ke Madinah dan dimakamkan di sana. Dan sesungguhnya beliau (Nabi Muhammad) adalah seseorang yang sangat jujur dengan apa yang telah dikabarkan oleh beliau, termasuk : siksa kubur dan kenikmatannya, interogasi dua malaikat Mungkar dan malaikat Nakir, dibangunkan dari kubur, berkumpul di Padang Mahsyar, datangnya hari kiamat, hisab, pahala, siksa, mizan (pertimbangan), neraka, shirat, telaga, syafaat, surga, kekal abadi (di dalamnya), dan melihat Allah di surga, Iman pada malaikat, rasul, kitab dan qadar (putusan) baik, jelek semuanya dari Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad adalah Nabi yang terakhir dan menjadi pimpinan bagi seluruh anak Adam as.

Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger