Laporkan Jika Ada Link Mati!

Kubah

Beberapa saat kemudian Kapten Somad itu berbalik menuju dipan tempat Karman terbaring. Bagaimanapun, wajahnya tetap jernih dan tersenyum. Perwira yang baik tahu mengambil sikap yang benar dalam segala keadaan. Dengan gaya seorang ayah, Kapten Somad meraba dahi Karman sambil berkata, “Ya, ya, Karman, aku mengerti. Aku dapat merasakan penderitaanmu. Andaikata aku sendiri yang menghadapi masalah seperti itu, hatiku akan benar-benar hancur. Sekarang marilah! Aku akan menemanimu mencari sikap yang terbaik dalam menghadapi masalah yang tidak ringan ini. Dan yang pasti, sikap  putus asa tidak pernah menjadi jawaban yang benar. Tidak pernah! Dan yang pasti pula, bagaimanapun ketiga anakmu ingin melihat ayahnya pada suatu saat. Oh ya, kau tahu tempat ini bukan kamp konsentrasi. Aku percaya Pemerintah tidak bermaksud mengubur para tahanan di pulau ini. Camkanlah, ini permintaan pribadiku kepadamu. Bila kau dapat menyingkirkan angan-angan untuk berputus asa, kau akan sampai pada jalan yang  terbaik. Nah, sekarang minumlah obat-obat itu. Mari kubantu.”

Selesai minum obat, Karman terbaring kembali. Tetapi matanya terus mengikuti segala gerak Kapten Somad. Laki-laki yang sakit itu merasa terkesan oleh sikap Pak Kapten, sehingga ia tak mampu menjawab ketika tamunya minta diri. “Aku permisi dulu, Karman, lain kali aku akan datang khusus bagimu. Jangan lupa, minumlah obat-obat itu.”

Lama sekali Karman merenungkan kunjungan Kapten Somad siang itu. Mula-mula ia merasa bimbang terhadap dirinya sendiri; haruskah anjuran Kapten Somad dituruti? Atau, biarlah aku ikuti keputusasaan sampai diriku hancur dan dengan demikian kepedihan ini cepat berakhir?

Karman kembali menarik napas panjang. Tetapi kemudian ada titik-titik bening muncul pada akal budinya yang semula hampir mati. “Seorang kapten dengan ikhlas menunjukkan pengertian dan simpatinya padaku. Kebenaran yang disampaikan padaku sukar kubantah. Ah, setidaknya telah ada satu orang yang mau memahami diriku, pikir Karman. Tetapi betulkah penderitaanku telah terbagi? Bisakah aku memastikan aku telah mempunyai seorang teman di dunia ini?

Kapten Somad berjanji akan membantuku mencari jalan yang terbaik. Dan mestinya aku sendiri sudah mengerti. Menginginkan Marni tetap menjadi istriku adalah sangat sulit, hampir mustahil. Jadi keputusan yang terbaik adalah melepaskannya. Ya. Malah hal itu pun sudah kulaksanakan. Tetapi ternyata bagiku persoalan belum selesai. Kini aku tak tahu bagaimana cara yang tepat untuk mererima kenyataan aku telah ditinggalkan oleh Marni. Aku telah kehilangan satu-satunya milikku. Oh, andaikata aku hidup di alam yang wajar, pastilah persoalannya akan menjadi lebih sederhana. Seorang istri minta cerai, dan cerailah. Aku bisa dengan mudah mencari ganti. Tetapi kini aku sedang terpencil dalam buangan. Dan harus pula kehilangan istri. Oh, betapa mengerikan hidup yang harus kujalani. Mengerikan!”

Benar, secara teratur Kapten Somad menjenguk Karman. Tulus senyumnya, lapang dadanya selagi perwira itu menerima segala keluhan laki-laki yang hampir putus asa itu. Si sakit sendiri merasakan nikmatnya sesuatu yang sukar didapat di pulau buangan itu: kemanusiaan.

Namun sebagai akibat sikap santunnya terhadap Karman, Kapten Somad pernah ditegur oleh Mayor Darius.

Download

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger